New York -
Berbagai tekanan karir seringkali datang silih berganti mengganggu
konsentrasi kerja di kantor. Waktu istirahat yang sedikit ditambah
tumpukan pekerjaan yang tak kunjung usai akan menambah tekanan di
pikiran Anda.
Stres merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu kehidupan
pribadi Anda dan tidak mudah dihindari begitu saja. Yang terpenting,
Anda tidak mengambil langkah yang keliru saat stres tengah merudung
pikiran pribadi baik untuk urusan karir maupun pribadi.
Stres seringkali menggiring Anda untuk melakukan berbagai hal yang
bisa berdampak negatif. Saat stres sebaiknya Anda menghindari delapan
tindakan ini seperti dikutip dari Lifehack.org, Sabtu (5/7/2014):
1. Mengumbar masalah di kantor pada siapapun
Saat sedang stres bekerja, Anda pasti ingin mengungkapkan berbagai
masalah pada teman terdekat. Tapi ingat, jangan mengumbar masalah
tersebut pada banyak orang yang mau mendengarkannya.
Ingat, berapa kali Anda menceritakan masalah yang sama pada
orang-orang yang sama. Sebaiknya, cari satu orang yang mau mendengar
seluruh keluh kesah Anda dan katakan hanya pada dia.
Membahasnya berkali-kali hanya akan membuat Anda bertambah stres
karena terus memikirkannya. Ini membuat Anda kesulitan berpikir maju.
2. Memikirkannya semalam suntuk
Tidur merupakan salah satu pelepas stres paling ampuh. Tapi
seringkali saat Anda terlibat masalah, Anda justru memilih untuk tidak
tidur dan terus memikirkannya.
Kurang tidur justru akan membuat Anda merasa lebih stres dan mengurangi kemampuan diri untuk berpikir jernih.
3. Takut menolak pekerjaan baru
Ketika dirudung stres, sebaiknya Anda berhenti menerima banyak
pekerjaan baru. Jangan takut untuk berkata tidak. Manfaatkan waktu luang
untuk beristirahat dan menjajal banyak gagasan baru.
4. Melampiaskannya pada orang lain
Melampiaskan kekesalan Anda para teman dan keluarga tak akan membantu
mengurangi stres. Sebaliknya, itu justru akan membuat Anda semakin
merasa tertekan.
Jika Anda merasa situasi hati sedang tidak baik, seharusnya Anda
mencari waktu untuk sendiri dan menghindari pertengkaran dengan orang
lain.
5. Mengambil keputusan penting
Di tengah banyaknya tekanan kerja, jangan pernah mengambil keputusan
apapun. Banyak orang mengaku salah mengambil keputusan saat emosinya
tengah tidak stabil dan akhirnya menyesal.
6. Mengabaikan diri sendiri
Banyaknya hal yang harus dipikirkan membuat Anda akhirnya memilih
mengabaikan diri sendiri. Ingat, kondisi yang menyenangkan justru muncul
setelah Anda benar-benar memperhatikan kebutuhan pribadi.
Jangan pernah mengabaikan rutinitas sehari-hari yang baik untuk diri sendiri.
7. Menunda pekerjaan
Jangan biarkan rasa stres merenggut fokus bekerja diri sendiri.
Pasalnya, akan banyak pekerjaan yang tertunda karenanya. Pastikan Anda
dapat tetap bekerja dengan baik dan tidak mengabaikan kewajiban di
kantor.
8. Lupa beristirahat
Anda tak bisa terus menerus memikirkan berbagai tekanan karir yang
menghujam diri sendiri. Paksa diri Anda untuk beristirahat dan melupakan
tekanan tersebut sejenak. Anda bisa membaca buku atau bermeditasi
sejenak. (Liputan 6)
Post a Comment