Gorengan
Teras Berita - Jika Anda adalah penggemar makanan gorengan, maka sebaiknya Anda menghindarinya makanan tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda tidak makan sama sekali gorengan. Kenapa harus menghindari? Karena makanan gorengan tersebut mengandung lemak trans yang buruk untuk tubuh.

Lemak trans sebenarnya dipergunakan untuk keperluan industri, bukan untuk makanan. Namun seiring perkembangan jaman, lemak trans juga ditemukan pada makanan, terutama yang digoreng dan mengalami banyak proses pengolahan.

Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, lemak trans sendiri bisa dikategorikan menjadi dua jenis lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh inilah yang buruk untuk tubuh karena memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang nantinya mengundang berbagai penyakit.

Olahan minyak sayur dari kelapa sawit yang sering Anda jumpai di pasar merupakan sumber paling banyak dari lemak trans. Beberapa makanan yang banyak mengandung lemak trans antara lain adalah makanan yang digoreng, kue kering, biskuit, kerupuk, roti hamburger, pizza, margarin, mentega, donat, keripik, nugget dan segala makanan daging olahan.

Lemak jenuh trans menyumbang potensi sangat tinggi dalam hal penyakit jantung dan berbagai macam penyakit kardiovaskuler. Untuk menghindari lemak jenuh dan menjaga keseimbangan, dianjurkan maka konsumsi daging secukupnya dan perbanyak makan buah dan sayur adalah solusinya.

Anda memang tetap memerlukan lemak dalam tubuh untuk diubah menjadi energi, namun lemak trans yang terlalu banyak dalam tubuh, tetap tidak sehat dan tidak baik untuk kesehatan. Jadi, sebaiknya hindari sebanyak dan sebisa mungkin makanan yang digoreng dan mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat.

Sumber | Vemale

Post a Comment

Powered by Blogger.