Bayam
Teras Berita - Sayuran berwarna hijau ini memang mudah sekali ditemukan di pasar atau swalayan. Aneka masakan mulai dari sop bayam, tumis bayam, pecel memang lezat dengan tanaman yang mudah ditumbuhkan ini. Tidak ada yang menyangkal manfaat untuk menutrisi tubuh namun jika terlalu banyak malah bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Bayam dikenal menyehatkan karena kandungan zat besi yang berperan penting terhadap kinerja sel darah merah baik mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan produksi energi tubuh. Selain itu, sumber serat yang satu ini kaya Vitamin K, Vitamin A, Vitamin C dan mineral lainnya.

Namun, disarankan untuk secukupnya saja mengonsumsi bayam. Kandungan oksalat yang tinggi pada bayam, seperti dilansir BBC Good Food, Minggu (24/8/2014) membuat ancaman terhadap kesehatan seperti batu ginjal dan berbagai nyeri.

Sekitar 80% penderita batu ginjal pada orang dewasa, oksalat jadi penyebab utamanya. Oleh karena itu batas normal adalah minimal 50 miligram oksalat.

Selain itu, oksalat yang berlebih bisa menghambat penyerapan nutrisi penting seperti kalsium. Padahal kalsium merupakan mineral penting untuk tubuh mulai dari kesehatan tulang dan menyehatkan jantung.


Sumber | Liputan6

Post a Comment

Powered by Blogger.