10 Cara menghindari mengantuk di siang hari

Orang mengantuk yang berlebihan bisa menyebabkan tertidur tidak pada tempatnya, kondisi ini juga sering disebut hipersomnia.

Hipersomnia merupakan salah satu kelainan tidur yang ditandai rasa kantuk secara berlebihan. Sehingga seseorang sangat membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih lama dari orang normal.

Tidur yang tidak tepat waktu atau kurang waktu tidur akan menjadi penyebab mengantuk. Keadaan emosional termasuk depresi, kecemasan, stres dan kebosanan juga bisa menyebabkannya. Bahkan, siang hari mengantuk yang berlebihan dapat menjadi tanda mengalami gangguan tidur.

Hal ini juga dapat menjadi efek samping dari obat tertentu. Penyebab mengantuk lainnya adalah pola makan yang salah, gangguan makan, sakit kronis, kurang olahraga, penyalahgunaan alkohol, diabetes dan tiroid kurang aktif (hipotiroidisme).

Mengantuk dengan berlebihan di siang hari akan menyebabkan beberapa masalah seperti badan lesu, mudah marah, pelupa dan kurang berenergi.

Mengantuk dapat mempengaruhi produktivitas Anda dan bahkan menyebabkan malapetaka dalam kehidupan pribadi Anda. Dengan perubahan gaya hidup, pola makan yang sehat dan pola tidur yang tepat, Anda dapat dengan mudah melawan rasa kantuk.

1. Berkomitmen untuk jadwal tidur yang teratur

Kurang tidur dan terganggu saat tidur adalah dua alasan utama di balik kantuk di siang hari. Oleh karena itu, pengaturan jadwal tidur yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah siang mengantuk. Tidur yang tepat akan membantu melawan kurang energi, kelelahan, depresi dan stres.

Setiap orang berbeda-beda jumlah waktu tidur yang diperlukan agar tubuh berfungsi kembali dengan baik, namun rata-rata 7-8 jam waktu tidur sudah cukup untuk membantu fungsi tubuh Anda dengan baik. Beberapa cara bisa dilakukan untuk membantu menikmati tidur nyenyak Anda:
  1. Menjalankan jadwal tidur yang memiliki waktu tidur dan bangun waktu secara konsisten.
  2. Buat kamar tidur Anda benar-benar gelap untuk menikmati tidur nyenyak. Jika diperlukan, menggunakan warna atau tirai untuk menghalangi setiap cahaya eksterior.
  3. Pilihlah peralatan tidur seperti kasur, selimut dan bantal yang memadai agar bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.
  4. Membaca buku atau melakukan beberapa peregangan yoga santai selama sekitar 20 menit sebelum tidur.
  5. Batasi waktu Anda menatap layar komputer, TV atau telepon di malam hari sebelum tidur.

2. Mulailah hari Anda dengan Sinar Matahari

Meyambut pagi dengan melihat sinar matahari setiap hari. Ini akan membantu Anda tetap waspada dan energik sepanjang hari dan melawan kantuk di siang hari. Bahkan, sinar matahari membantu mengatur siklus bangun tidur karena membantu terdaftar dalam otak bahwa sudah waktunya Anda untuk bangun.

Ketika Anda bangun di pagi hari, pergunakan waktu minimal 15 menit, untuk berjalan-jalan di udara terbuka dan menikmati paparan sinar matahari.

Sinar matahari di pagi hari juga akan membantu tubuh memproduksi vitamin D. Sebuah studi yang diterbitkan 2013 dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan masalah tidur, terutama kantuk di siang hari.

3. Cuci muka dengan Air Dingin

Setiap kali Anda merasa mengantuk, cuci muka Anda dengan air dingin. Perubahan suhu yang mendadak akan membantu menghilangkan perasaan mengantuk dan meningkatkan tingkat energi Anda serta membuat pikiran lebih berkonsentrasi.

Setelah Anda melakukan cuci muka dengan air dingin, cobalah berdiri di depan aliran udara dingin dari AC akan membuat terapi air ini lebih efektif.

Anda bahkan dapat menjadikan mandi air dingin di pagi hari untuk membantu mengusir kantuk dan juga meningkatkan sirkulasi darah Anda.

4. Minum Teh Hijau setelah Waking Up

Teh hijau akan memberikan Anda dorongan energi dan stamina yang berlangsung berjam-jam dan mencegah rasa kantuk. Teh hijau bahkan dipercaya efektif untuk memerangi kelelahan dan stres serta meningkatkan konsentrasi pikiran. Selain itu, polifenol di dalamnya membantu menjadikan tidur lebih baik.

Minumlah secangkir teh hijau setelah bangun tidur dan beberapa cangkir sepanjang hari.
Untuk membuat teh hijau:
  •    Siapkan secangkir air panas dan tambahkan 1 sendok teh, daun teh hijau.
  •    Tutup dan tunggu selama 5 menit.
  •    Saring, Untuk menambah rasa manis tambahkan madu secukupnya dan sia diminum.

5. Minum Air Lemon

Minum air lemon di pagi hari adalah cara lain yang sangat baik untuk menyingkirkan rasa kantuk di siang hari. Air lemon akan  membantu menjaga tubuh terhidrasi dan menghalau racun berbahaya. Dehidrasi mempengaruhi oksigenasi otak, membuat Anda merasa lebih lelah dan mengantuk di siang hari.

Minum segelas air lemon hal pertama di pagi hari pada waktu perut kosong dan lain 1-2 gelas siang hari.

Untuk membuat air lemon, memeras jus dari ½ lemon ke dalam segelas dimurnikan, air hangat. Jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan sedikit madu.

Untuk menjaga tubuh Anda dehidrasi, juga mengkonsumsi makanan yang secara alami mengandung air, seperti yoghurt, brokoli, wortel dan buah-buahan berair seperti semangka, jeruk dan grapefruits.

6. Makan Sarapan Sehat dan Kue

Untuk mencegah rasa kantuk di siang hari, jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Sarapan pagi dengan makanan ringan yang sehat akan membuat Anda tetap aktif di pagi hari dan lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari Anda.

Selain itu, melewatkan sarapan pagi berarti gula darah Anda akan rendah di waktu pagi dan kurang berenergi.

Sarapan yang baik adalah dengan makanan rendah lemak dan penuh protein dan karbohidrat kompleks. Termasuk susu, yoghurt, telur, keju cottage, roti gandum, buah-buahan kaya serat, oatmeal, sereal, kacang-kacangan masukkan dalam daftar menu sarapan Anda.

Hindari makan siang berat dan sempatkan di pertengahan pagi dan sore hari makanan-makanan ringan, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sandwich, jus dan sebagainya. Biasakan pula untuk menyelesaikan makan malam Anda 2 jam sebelum tidur.

7. Latihan Harian

Olahraga teratur selama 30 menit, 5 kali seminggu, sangat membantu meningkatkan aktifitas dan energi untuk melawan kantuk di siang hari. Hal ini juga meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Lakukan olahraga di luar ruangan agar menbdapatkan manfaat paling baik.

  • Nikmati 30 menit dari jalan cepat di pagi hari di sebuah taman.
  • Lakukan beberapa latihan peregangan untuk mendapatkan energi yang Anda butuhkan untuk hari ke depan.
  • Melakukan latihan aerobik di malam hari, tapi hindari melakukannya sesaat sebelum tidur.
  • Latihan pernafasan beberapa kali dalam sehari untuk meningkatkan sirkulasi darah dan melawan stres.
  • Anda juga dapat mencoba postur yoga.
Jangan melakukan latihan secara berlebihan sehingga Anda merasa kelelahan.

8. Nikmati Aromaterapi

Aromaterapi dapat membantu mengurangi mengantuk di siang hari serta mudah marah, kurang berenergi, kelelahan dan sakit kepala. Beberapa minyak esensial yang terbaik untuk aromaterapi adalah rosemary, basil dan peppermint.
  • Tempatkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda pada serbet dan mengendus itu dari waktu ke waktu untuk membuat Anda waspada dan terjaga.
  • Pilihan aother adalah untuk menambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda air mandi Anda.
  • Anda bahkan dapat menyebar minyak di seluruh kantor atau ruang tamu Anda untuk mendapatkan hasil yang berkelanjutan.

9. Makanlah Makanan Kaya Omega-3

Sebuah studi 2014 oleh Universitas Oxford menunjukkan bahwa omega-3 DHA mempunyai manfaat yang berhubungan dengan tidur yang lebih baik. Mendapatkan tidur malam yang baik akan secara otomatis membantu melawan rasa kantuk serta kelelahan dan depresi ringan.

Selain itu, asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda berkonsentrasi sepanjang hari. Beberapa sumber asam lemak omega-3 yang baik adalah:
  • Lemak ikan seperti salmon, trout, sarden, mackerel dan tuna albacore
  • Kenari dan biji rami
  • Selai kacang
  • Minyak canola
  • Telur
  • Kedelai dan produk kedelai

10. Jauhi makanan yang menjadi penyebab Mengantuk

Seiring dengan makan sehat, Anda perlu menyadari dari makanan yang menjadi penyebab mengantuk dan membuang dari daftar diet Anda.
  • Hindari kue-kue, pasta, kentang, dan nasi putih siang hari karena mereka membuat Anda mengantuk.
  • Hindari minuman berkafein di pagi hari. Karena kafein tidak membantu konsentrasi, itu hanya stimulan sementara dan dapat membuat Anda mengantuk di siang hari.
  • Jangan minum alkohol, karena cenderung membuat orang mengantuk.
  • Hindari daging olahan dan merokok.
  • Hindari sarapan dengan makanan tambahan gula, seperti fruktosa tinggi sirup jagung dan gula meja.

Tips tambahan
  1. Ambillah waktu minimal 20 menit agar tidur siang hari untuk mengembalikan kondisi Anda.
  2. Pijat tubuh Anda selama sekitar 10 menit untuk menjadikan tubuh lebih rileks mengatasi stres dan depresi.
  3. Mendengarkan musik keras juga akan membantu.
  4. Termasuk herbal seperti jahe dan cabai dalam diet Anda untuk melawan rasa kantuk.
  5. Hindari junk food, lemak jenuh dan gula, yang dapat membuat Anda mengantuk siang hari.
  6. Untuk mendapatkan tidur malam yang baik, cobalah meditasi sebelum tidur.
  7. Setiap kali Anda merasa mengantuk, bangun dan berjalan-jalan selama sekitar 5 menit.
  8. Mengunyah permen karet bebas gula juga dapat membantu melawan kantuk di siang hari.
  9. Beristirahat sejenak di tempat kerja untuk menyegarkan pikiran Anda.
  10. Buatlah tempat kerja yang terang dan rapi. Ini akan memotivasi Anda untuk menjadi aktif.
  11. Anda bahkan dapat mencoba akupresur untuk mengurangi kelesuan dan mengantuk.
  12. Jangan berhenti minum obat tanpa konsultasi dokter Anda.


Post a Comment

Powered by Blogger.