Manfaat buah delima merah untuk kesehatan

Manfaat buah delima merah untuk kesehatan, Buah Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Buah Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Dalam banyak cerita, Buah delima disebut sebagai buah ‘panjang umur’. Kajian ilmiah membuktikan, delima memang sarat antioksidan yang efektif mencegah penuaan dini. Jus buah delima ada pada skala 2.860 jumlah radikal bebas yang diserap per 100 gram.

Delima juga telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi osteoartritis karena mengandung fitonutrien dan polifenol.

Kandungan Zat didalam Buah Delima :

Zat Kalium Buah Delima Bermanfaat Bagi Jantung

Setiap 100 gram biji buah delima yang dapat langsung dimakan, mengandung kalium 259 mg/gr yang dianggap sebagai komponen penting bagi kesehatan jantung.

Zat Antioksidan Buah Delima Bermanfaat Bagi Sel-sel Dalam Tubuh

Buah delima memiliki kandungan antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan wine dan teh hijau dengan kandungan flavanoid yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memberikan perlindungan pada kulit. Sehingga tidak jarang buah delima menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai macam produk perawatan kulit.

Zat Tanin Buah Delima Bermanfaat Bagi Pencernaan

Buah delima mengandung zat tanin yang tinggi, yaitu salah satu senyawa yang terdapat pada tanaman yang merupakan salah satu komponen astrigen dengan kemampuan mengikat dan mengendapkan protein sehingga bisa diaplikasikan dalam pengobatan perdarahan (hemostatik), ulkus peptikum (luka terbuka pada lapisan lambung atau usus 12 jari), wasir dan diare dengan cara menyusutkan selaput lendir usus sehingga cairan diare berkurang.
Baca juga:



Manfaat buah delima merah untuk kesehatan

1. Manfaat buah delima untuk melindungi DNA.

Hal ini terkait dengan kandungan anti-oksidan yang ada di dalam buah delima mampu melindungi komponen genetika tubuh manusia.
Baca juga:

2. Manfaat delima merah untuk menormalkan tekanan darah.

Hal ini dilaporkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition. bahwa manfaat sari delima bisa membantu juga mencegah tekanan darah naik.
Baca juga::

3. Manfaat buah delima merah lainnya adalah mengatur kelainan sindrom resistansi insulin.

Memang delima mampu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah sekaligus meningkatkan kepekatan tubuh terhadap keberadaan insulin. Dengan demikian delima merah bermanfaat untuk mencegah diabetes.

4. Manfaat buah delima merah untuk mengoptimalkan obat-obatan.

Sari buah delima sendiri diketahui mampu meningkatkan kinerja obatan khususnya yang dikonsumsi untuk membunuh bakteri jenis gram negatif. bakteri ini dikenal sebagai mikroba yang bisa melawan kerja obat.

5. Buah delima juga diketahui bisa melindungi organ hati.

Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan di dalam jurnal Toxilogy And Industrial Health. Konsumsi jus delima secara rutin bisa melindungi sekaligus memberbaiki hati yang rusak.

6. Delima bersifat anti-alegic.

Hal ini terkait dengan senyawa polifenol yang terkandung dalam buah delima merah.

7. Manfaat Buah delima merah untuk jantung.

Sebuah hasil penilitian yang dimuat di dalam Altheroclerosis menyebutkan Buah delima memiliki kemampuan dalam mensintesis kolesterol dan kemudian mengancurkan zat radikal bebas yang ada di dalam sistem vascular kita.

8. Manfaat buah delima untuk kanker.


Disebutkan bahwa manfaat buah delima merah mampu menangkal kanker payudara dan juga kanker kulit.
Baca juga:


9. Manfaat buah delima untuk kecantikan.


Delima merah bersifat anti-aging. Kandungan senyawa didalamnya mampu melindungi tubuh dari radikal bebas terutama untuk kesehatan kulit.
Baca juga:


Demikian sedikit gambaran beberapa Manfaat buah delima merah untuk kesehatan kita, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Powered by Blogger.