Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun Eiji Tsuburaya

Jika Anda adalah penggemar film kartun, tentu sudah menonton film Ultraman. Berkat kejeniusan Eiji Tsuburaya, ia mampu membuat gebrakan dengan rutin memproduksi film kartun.

Google Doodle hari ini sedang mempertingati ulang tahun ke-114 Eiji Tsuburaya, Eiji Tsuburaya lahir pada 7 Juli 1901, ia merupakan seorang seniman asal Jepang yang menciptakan karakter Ultraman dan Godzilla. Ultraman merupakan film superhero yang sangat terkenal dan polpuler di tahun 80-90an.

Eiji Tsuburaya merupakan anak pertama dari Isamu dan Sei Tsuburaya dan dibesarkan oleh pamannya Ichiro serta nenek dari pihak ayah Natsu. Itu terjadi saat ibunya mneinggal dan ayahnya pindah ke China untuk bisnis keluarga.

Eiji sejak kecil menyukai pesawat terbang dan hobi membuat model pesawat, yang merupakan gebrakan pada zaman itu. Pada usia 14 tahun (1915), beliau lulus SMA (sederajat pada waktu itu) dan melanjutkan di departemen riset dan pengembangan perusahaan mainan Utsumi.

Eiji Tsuburaya mulai menapaki dunia layar lebar pada tahun 1919, ketika ia ditawari pekerjaan oleh sutradara Yoshiro Edamasa. Setelah menjadi desainer dan ahli visual effect di berbagai film di tahun 30-50an, dia kemudian menggarap film fenomenal Godzilla pada tahun 1954, kemudian Ultra Q dan Ultraman pada tahun 1965.

Pria yang juga dijuluki master of monsters ini meninggal di usia 68 tahun pada tahun 1970. Karya-karyanya hingga saat ini masih diingat baik oleh para generasi di Jepang, sebab idenya berpengaruh terhadap dunia film dan tokusatsu sekarang. Serial-serial Godzilla dan Ultraman pun terus berlanjut, termasuk reboot Godzilla buatan Amerika yang laku keras tahun kemarin. Karya-karyanya juga menjadi inspirasi dari film robot dan monster raksasa seperti Pacific Rim dll.

Post a Comment

Powered by Blogger.