Pernah mendengar cerita tentang Samson?? Samson adalah lelaki yang sangat kuat. Cerita ini pernah difilmkan dengan judul “Samson and Delilah”, (versi tiruannya dimainkan Benyamin S dalam film Samson Betawi.)

Lalu apa hubungannya Cerita Samson dengan Lailatul Qadr (Malam Kemuliaan)?

Seperti yang diketahui di dalam ajaran Islam, bahwa jumlah nabi menurut hadits yaitu 124 ribu orang, dan rasul berjumlah 312 orang, sesuai rukun iman ke-4 di dalam rukun iman diwajibkan untuk mengetahui 25 orang nabi dan rasul.

Dari Abi Zar ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi, 'Jumlah para nabi itu adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi.' 'Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?' Beliau menjawab, 'Tiga ratus dua belas (312).' (Hadits riwayat At-Turmuzy)

Cerita Samson
Samson atau Simson, di dalam ajaran Islam merupakan seorang nabi yang dikenal dengan nama Nabi Sam'un Ghozi AS. Kisah nabi ini, terdapat di dalam kitab-kitab, seperti kitab Muqasyafatul Qulub dan kitab Qishashul Anbiyaa.

Dari kitab Muqasyafatul Qulub karangan al Ghazali diceritakan bahwa rasulullah berkumpul bersama para sahabat dibulan Suci Ramadhan. Kemudian Rasulullah bercerita tentang seorang Nabi bernama Sam'un Ghozi as. Nabi Sam'un Ghozi as adalah Nabi dari bani Israil.

Nabi Sam'un Ghozi as memiliki kemukjizatan dapat melunakkan besi, dan dapat merobohkan istana. Cerita Nabi Sam'un Ghozi as adalah kisah Israiliyat yang diceritakan turun temurun di jazirah Arab. Cerita ini melegenda jauh sebelum rasulullah lahir

Nabi Sam'un Ghozi as ini telah berperang melawan orang kafir selama 1000 bulan. Senjatanya hanyalah rambut jenggot unta. Walaupun hanya bermodalkan senjata tersebut, banyak musuh  kafir yang tewas tak terhitung jumlahnya. Subhanallah. Apabila Nabi Sam`un Ghozi as haus, ia cukup meminum air segar yang keluar dari sela-sela gusinya. Apabila lapar, tumbuhlah daging dari tubuhnya, lalu ia pun memakannya. Menghadapi Nabi Sam`un Ghozi as yang gagah perkasa, musuh begitu kewalahan.

Nabi Sam'un Ghozi as berperang melawan bangsa yang menentang Ketuhanan Allah SWT. ketangguhan dan keperkasaan nabi Sam'un dipergunakan untuk menentang penguasa kaum kafirin saat itu yakni raja Israil. Akhirnya sang raja Israil mencari jalan untuk menundukkan nabi Sam'un Ghozi as. Berbagai upaya dilakukan sehingga akhirnya atas nasehat para penasehatnya diumumkan barang siapa yang dapat menangkap Sam'un Ghozi akan mendapat hadiah emas dan permata yang berlimpah.

Mereka berkata kepada istri Nabi Sam`un Ghozi as “Kami hadiahkan sejumlah harta untukmu jika kamu bisa membunuh suamimu”. Istrinya menjawab, “Dengan apa aku dapat membunuhnya?”. Lalu orang-orang kafir tersebut berkata, “Akan kuberikan tali yang sangat kuat. Ikatlah tangan dan kakinya ketika dia tertidur. Setelah itu, kami sendiri yang akan membunuhnya”.

Karena istrinya tidak beriman kepada Allah, ia pun nekat melakukan perbuatan tersebut. Ketika tidur, Nabi Sam`un Ghozi as diikat oleh istrinya. Ketika bangun, Nabi Sam`un Ghozi as begitu kaget dan berkata, “Siapa yang mengikatku?”.
Jawab istrinya, “Akulah yang mengikat, sekedar menguji kekuatanmu saja, wahai suamiku”. Segera saja Nabi Sam`un Ghozi as melapaskan tali itu dengan sangat mudah.
Gagal sudah usaha istrinya untuk membunuh suaminya. Namun, ia tidak menyerah. Kali ini atas perintah orang kafir, istrinya mengikat Nabi Sam`un Ghozi as dengan rantai. Namun, Dengan mudah Nabi Sam`un Ghozi as pun bisa memutuskannya. Berkali-kali ia mencoba, namun selalu saja gagal.

Akhirnya, Nabi Syam`un Ghozi as berkata, “Wahai istriku, aku ini adalah seorang wali Allah. Tidak ada yang bisa mengalahkanku dalam perkara dunia, kecuali rambutku ini atas izin Allah”. Nabi Syam`un Ghozi as memang berambut panjang. Mendengar kelemahan suaminya ini, timbullah ide istrinya untuk memotong rambut suaminya ketika tidur. Usahanya berhasil. Rambut panjang Nabi Sam`un Ghozi as dipotong, dibagi menjadi 8 gelung. Empat gelung digunakan untuk mengikat kedua tangannya, sedangkan empat gelung lainnya untuk mengikat kedua kakinya.

Hasilnya, luar biasa! Ketika bangun, Nabi Syam`un Ghozi as benar-benar tidak bisa bergerak. Ia begitu marah kepada istrinya, namun sang istri segera saja memberi tahu orang kafir agar segera membunuh suaminya.
Nabi Syam`un Ghozi as pun digiring menuju ladang pembantaian. Disana dia diikat pada sebuah tiang rumah yang sangat kuat. Satu persatu mereka memotong kedua telinganya, bibir, mulut, kedua tangan, kedua tangannya dan membutakan kedua matanya. Astaghfirullahal adziim.. Betapa kejamnya mereka!

Kemudian Allah memberi wahyu/ilham kepada Nabi Syam`un Ghozi as, “Apa yang kau inginkan, Nabi Syam`un Ghozi as?”. Dia pun menjawab, “Aku ingin agar Engkau memberikan kekuatan kepadaku kembali, agar dapat kugerakkan tiang rumah ini dan kuhancurkan mereka”.

Allah pun memberikan kekuatan kembali kepadanya, sehingga dapat menghancurkan orang kafir tersebut. Semuanya mati binasa termasuk istrinya yang durhaka. Kemudian nabi syam`un as bersumpah kepada Allah SWT akan menebus semua dosanya dengan berjuang menumpas semua kebatilan dan kekufuran yang lamanya 1000 bulan tanpa henti. Semua itu atas Hidayah dari Allah SWT.

Ketika Rasulullah selesai menceritakan cerita Nabi Sam'un Ghozi as yang berjuang fisabilillah selama 1000 bulan, Mendengar kisah ini, para Sahabat Rasulullah Saw menangis terharu.
Mereka berkata: “Ya Rasul, tahukah Engkau, berapa pahalanya?”. Rasul Saw menjawab : “Tidak”. / salah satu sahabat nabi berkata :Ya Rasulullah, kami ingin juga beribadah seperti nabiyullah Sam'un Ghozi as.
Kemudian rasulullah saw, diam sejenak. Kemudian Malaikat Jibril as datang dan mewahyukan kepada beliau bahwa pada bulan Ramadhan ada sebuah malam yang mana malam itu lebih baik daripada 1000 bulan.

Firman Allah dalam Surat Al Qadr.
“Allah memberikan Lailatul Qadar kepadamu dan ummatmu, jika ibadah dimalam itu, maka pahalanya lebih utama dari seribu bulan”

Pada kitab Qishashul Anbiyaa, dikisahkan, bahwa Rasullah Muhammad SAW tesenyum sendiri, lalu bertanyalah salah seorang sahabatnya, 'Apa yang membuatmu tersenyum wahai Rasulullah?'

Rasullah menjawab, 'Diperlihatkan kepadaku hari akhir ketika dimana seluruh manusia dikumpulkan di mahsyar. Semua Nabi dan Rasul berkumpul bersama umatnya masing-masing, masuk ke dalam surga. Ada salah seorang nabi yang dengan membawa pedang, yang tidak mempunyai pengikut satupun, masuk ke dalam surga, dia adalah Sam'un.'

Kisah tentang Samson ini juga dapat dijumpai didalam injil, dengan nama tokoh dan kejadian agak berbeda dibanding yang diceritakan rasulullah diatas.

Simson (Inggris: Samson) adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna selama rambutnya tidak dicukur. (Hakim-hakim 16:1-22).

Diceritakan dalam kitab Hakim-hakim 16:1-22 bahwa Samson adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna .Dia bisa mencabut kedua daun pintu gerbang kota beserta kedua tiang dan semua palangnya, Ialu semuanya diletakkan di atas kedua bahunya dan dipindahkan ke puncak gunung (ayat 3).

Tapi sayangnya dia jatuh cinta kepada seorang pelacur (wanita sundal) yang bernama Delila. Maka Delila disewa oleh raja Filistin dengan bayaran 1100 uang perak untuk mencari rahasia Samson (ayat 5).

Di atas pangkuan pelacur Delila, akhimya Samson tergoda rayuan dan bujukan sehingga membuka rahasia kesaktiannya. Bahwa selama rambut kepalanya tidak dicukur, maka seluruh kekuatannya akan musnah dan dia menjadi orang lemah (ayat 17).

Maka setelah nabi Samson tertidur di atas pangkuan pelacur Delila, rambutnya dicukur. Lalu musnahlah seluruh kesaktiaan dan kekuatan Samson. (ayat 19).
Kemudian kedua mata Samson dicungkil sehingga jadilah Samson buta mata akibat rahasia kesaktiannya dicukur (ayat 21).

Demikianlah kisah dibalik turunnya surat Al Qadr yang menjelaskan tentang keutamaan Lailatul Qadar (malam kemulian) yang hanya bisa ditemui di bulan Ramadhan ini.
Kalangan ulama berbeda pendapat mengenai turunnya Lailatul Qadar ini. Namun sebagian besar berpendapat, Lailatul Qadar turun di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.

Demikian kisah Nabi Sam'un Ghozi AS atau yang lebih dikenal dengan Samson atau Simson. Semoga dari kisah ini, dapat kita petik sebuah pelajaran di dalamnya.


Berbagai Sumber

Post a Comment

Powered by Blogger.