Mencegah Batu Ginjal
Teras Berita – Tentu kita sangat setuju dengan pepatah ungkapan “Mencegah lebih baik dari pada Mengobati”. Begitu juga dengan kesehatan tubuh kita, apabila pernah menderita suatu penyakit akan semakin mudah penyakit itu timbul lagi.

Tidak terkecuali dengan penyakit batu ginjal, pencegahan penyakit batu ginjal semakin penting terutama yang pernah mengalami sakit ginjal, karena mereka lebih besar berisiko timbul lagi.

Apalagi bila ada keluarga yang mempunyai batu di ginjal atau salurannya. Mereka akan cenderung mendapat “warisan” batu saluran kencing akan lebih tinggi dibandingkan denagn orang yang keluarnganya tidak mempunyai mempunyai riwayat penyakit batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia tertentu terkonsentrasi dan mengeras membentuk kristal pada saluran kandung kemih. Kristal ini akan tumbuh dan semakin membesar menjadi batu. Dalam dunia medis, batu ginjal diakui sebagai salah satu kondisi yang paling menyakitkan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit batu ginjal. Mencegah penyakit batu ginjal artinya mencegah kondisi yang medukung pembentukan batunya.

Mengutip dari Harvard Health Publication, ada beberapa cara mudah mencegah penyakit batu ginjal, antara lain:

Minum Air yang Banyak

Minum air dapat mencairkan zat-zat dalam urin sehingga menghambat terbentuknya batu ginjal. Minum lah air 2 liter atau sekitar 8 gelas dalam sehari. Selain itu, menyertakan air jeruk dalam daftar minuman juga baik karena kandungan sitrat dalam jeruk dapat menghambat kristalisasi zat.

Mengonsumsi Kalsium

Terlalu sedikit kalsium yang masuk dalam tubuh dapat meningkatkan kadar oksalat penyebab batu ginjal. Idealnya, orang dewasa diatas 25 tahun mengonsumsi kalsium adalah 800 mg per hari, sedangkan diatas usia 50 tahun mengonsumsi kalsium sebanyak 1000 mg per hari. Kalsium dapat diperoleh dari makanan sayuran hijau, kacang kedelai, susu, jeruk dan tahu.

Mengurangi Sodium

Sodium dapat ditemui di berbagai makanan dan minuman yang mengandung garam. Untuk menghindari penyakit batu ginjal, membatasi konsumsi sodium maksimal 2.300 mg per hari. Mengurangi konsumsi sodium juga baik untuk tekanan darah dan jantung.

Membatasi Protein Hewani

Makan makanan yang mengandung protein terlalu banyak seperti daging merah, unggas, telur dan makanan laut dapat meningkatkan asam urat dan dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Mengonsumsi banyak protein juga mengurangi kadar sitrat, bahan kimia dalam urin yang membantu mencegah pembentukan batu.


Sumber: Liputan 6

Post a Comment

Powered by Blogger.